Kamis, 26 Februari 2015

Bagaimana cara menangani port USB laptop yang rusak

Bagaimana cara menangani port USB laptop yang rusak 

ayo gabung bersama sy Fitrah Abadi Lewa,mungkin qta sebagai pemakai komputer pemula bingung apalagi klo qta mendapatkan masalah seperti ini. berikut akan saya paparkan agar bisa mempermudah teman-teman dalam menangani permasalahan yg zimple ini,hehehe
Semua port USB laptop tidak berfungsi

Semua port USB laptop tidak berfungsi. Laptop tidak  mengenali perangkat USB yang dicolokkan ke port USB.


Kemungkinan penyebabnya :  
1. Masalah Software.
2. Kerusakan controller USB.

Langkah  pemecahan masalah dan solusi perbaikan :
  • Uninstall semua entri USB terkait di device manager. Restart laptop dan biarkan kembali mendeteksi-port USB dan menginstal driver. Kemudian Uji port USB anda. Jika tidak membantu, pindah ke langkah berikutnya. 


  • Back up semua file pribadi dan menginstal ulang Windows dari awal. Ini saya sarankan mungkin bahwa semua port USB berhenti bekerja karena beberapa file sistem rusak.
  • Jika menginstal ulang Windows dari awal tidak membantu, kemungkinan besar ini adalah kerusakan hardware terkait. Kemungkinan pada  motherboard ada controller USB yang rusak. Jika itu terjadi, maka motherboard harus diservice atau diganti.
Atau, Anda dapat menggunakan kartu PCMCIA USB eksternal. Anda pasang kartu ini ke slot PC dan dapatkan 2 atau 4 port USB sebagai gantinya.



Satu port USB di laptop longgar dan tidak berfungsi
Satu port USB di laptop longgar dan tidak berfungsi . Ketika Anda menghubungkan perangkat USB ke port ini tidak ada yang terjadi , itu tidak terdeteksi oleh laptop . Sementara perangkat USB yang lain bekerja dengan baik di semua port USB lain di laptop .


Kemungkinan penyebabnya :
1 . Koneksi yang buruk antara port USB dan motherboard .
2 . Port USB rusak .
  
Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan :
  • Port USB tersambung  langsung ke motherboard dengan solderan . coba anda cek solderan  antara port USB dan motherboard karena  bisa saja retak dan port kehilangan kontak dengan motherboard . Itulah mengapa rasanya longgar dan perangkat USB dicolokkan ke port ini tidak terdeteksi . solder ulang port USB mungkin akan memperbaiki masalah ini.
  • Port USB bisa rusak . Anda harus mengganti port  yang . Jika semua port USB yang rusak dan Anda tidak ingin menghabiskan uang memperbaikinya , Anda dapat membeli kartu USB PCMCIA . Anda pasang kartu ini ke slot PC yang tersedia di laptop Anda.

Laptop menjadi lambat  ketika perangkat USB terhubung

Kemungkinan penyebabnya :
1 . Kerusakan perangkat USB .
2 . Bad port USB .
3 . Perangkat lunak corrupt.
4 . Kerusakan Motherboard .

Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan :
  • Ada kemungkinan perangkat USB yang rusak . Uji laptop Anda dengan perangkat USB lain .
  • Jika laptop lambat ketika perangkat USB dicolokkan ke salah satu port tertentu , kemungkinan besar port  itu rusak . Memperbaiki atau mengganti port USB rusak atau gunakan laptop dengan sisa port USB yang masih berfungsi.
  • Jika perangkat USB bermasalah karena drivernya , cobalah untuk menginstal ulang drivernya.
  • Masuk ke device manager dan hapus semua entires dari Universal Serial Bus controller . Restart laptop dan biarkan kembali mendeteksi - port USB dan instal ulang driver . Kemudian Uji kembali  perangkat Anda.
  • Ada kemungkinan bahwa beberapa file sistem inti yang rusak . Coba menginstal ulang sistem operasi dari awal.
  • Jika tidak ada langkah-langkah yang disebutkan di atas membantu , kemungkinan besar ada masalah dengan USB controller pada motherboard . Dalam hal ini Anda harus mengganti  atau service motherboard  anda.
Laptop mendeteksi perangkat USB hanya jika Anda menggoyangkannya.
Salah satu port USB di laptop tidak bekerja dengan benar. Laptop mendeteksi perangkat USB hanya jika Anda menggoyangkan itu di dalam port USB.  Anda harus menyesuaikan posisi perangkat USB untuk agar terdeteksi. Padahal semua port USB lain di laptop bekerja normal.
Kemungkinan penyebabnya mungkin ada kerusakan langsung pada port USB. Sambungan antara port USB dan mainboard mungkin bermasalah.
Kemungkinan langkah pemecahan masalah dan solusi perbaikan:
Jika perangkat USB kita harus menggoyangkan  terlebih dahulu dalam port USB agar dapat terdeteksi, kemungkinan besar port USB rusak dan harus disolder ulang atau diganti. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca...
Terima Kasih 

2 komentar:

  1. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

    BalasHapus
  2. Terimakasih bang infonya
    Lengkap penjelesannya

    BalasHapus