Selasa, 24 Februari 2015

apa itu Pengiriman Seri?

Pengiriman Seri

Pengiriman Seri

Adalah pengiriman data yang biasanya digunakan untuk sambungan dengan jarak relatif jauh.

Konsep dasar pengiriman seri adalah pada saat data pararel internal dimasukkan ke pengubah pararel ke seri. Pengubah pararel ke seri ini biasanya dengan IC yang juga melakukan sejumlah fungsi yang lain yang dikenal sebagai UART, VART, ACIA, PIA, dan lain-lain.

Kanal seri mengirimkan setiap karakter per elemen sehingga hanya diperlukan 2 penghantar, yaitu kirim data (TXD), dan terima data (RXD).

Masing-masing elemen isyarat dengan 1 bit atau 2 bit(dibit) atau 3 bit(tribit) atau kurang dari 1 bit (penyandian Manchester).

Pengiriman akan dimulai dari LSB (Least Significant Bit), dan diakhiri dengan MSB (Most Significant Bit).

Tiap karakter yang dikirimkan, diberikan urutan bit tertentu sesuai dengan sandi yang digunakan.

Penerima harus menjumlah isyarat data yang sama pada waktu yang tepat sebelum membentuk kembali karakter yang sama.

Karena bit-bit dikirimkan secara berurutan dan tidak serempak, maka kecepatan pemindahan data lebih rendah dibanding dengan pengiriman pararel.


Pengiriman Seri memerlukan 3 penyesuaian.

- Penyesuaian Bit
Interval waktu yang dilakukan oleh pengirim dan penerima harus sama dengan cara menambahkan detak (clock) pada pengirim dan penerima agar dapat dijumlahkan interval waktu keduanya. Detak penerima harus sesuai dengan detak pengirim agar data dapat diterima dengan benar sehingga terjadi bit sinkronisasi.

- Penyesuaian Karakter
Setelah bit sinkronisasi, penerima harus mampu membedakan kelompok-kelompok karakter yang tepat dengan menentukan bit awal (LSB) dari suatu karakter.

- Penyesuaian Blok
Penerima juga harus dapat mengenali awal dan akhir tiap blok data. Penyesuaian dapat diperoleh dengan cara sinkron maupun tidak sinkron.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar