Minggu, 01 Maret 2015

Cara Mudah Merawat Laptop


Cara Mudah Merawat Laptop

Cara Mudah Merawat Laptop

Komputer jinjing atau yang biasa disebut laptop sudah menjadi barang yang umum digunakan pada saat ini. Kebanyakan laptop digunakan untuk menunjang pekerjaan kantor. Kepopuleran laptop saat ini bisa dibilang sudah mengalahkan komputer personal. Sebagai perangkat yang biasa digunakan sehari-hari, sudah seharusnya apabila kita ikut menjaga kondisi laptop agar selalu bagus. Sayangnya masih banyak orang yang tidak peduli dengan kondisi laptop. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak mengerti bagaimana merawat laptop yang baik. Padahal penggunaan laptop yang salah bisa membuat umur laptop menjadi lebih singkat dan membuat komponen seperti motherboard laptop cepat rusak. Untuk mencegah hal ini, ada baiknya jika Anda membaca tips merawat laptop dengan mudah.
Tips yang pertama adalah menghindari penggunaan plastik atau karet pelindung keyboard pada laptop. Banyak orang yang menyangka bahwa karet bisa mencegah masuknya debu ke dalam laptop melalui sela-sela keyboard. Padahal hal ini justru bisa memperpendek umur laptop sendiri. Dengan menyelimuti keyboard menggunakan karet, maka sama saja dengan menutup sirkulasi udara pada laptop. Meskipun pengaruhnya kecil, namun penggunaan jangka panjang akan membuat kerusakan yang cukup serius. Motherboard laptop bisa cepat panas dan mengalami kerusakan. Apabila kerusakan sudah cukup parah, maka motherboard dan prosesor bisa mati secara mendadak. Alih-alih menggunakan karet, Anda bisa menggunakan kuas atau vacuum cleaner khusus untuk membersihkan debu dan kotoran pada laptop.
Tips selanjutnya adalah jangan pernah menggoyangkan laptop saat sedang menyala. Saat laptop on, terdapat piringan dalam harddsik yang terus berputar dengan kecepatan tinggi. Ini memang proses yang wajar karena adanya kegiatan baca dan tulis data. Piringan ini akan lecet apabila terdapat getaran pada laptop. Hal ini akan membuat harddisk laptop mengalami kerusakan secara bertahap. Awalnya, akan terdapat bad sector pada harddisk. Semakin lama, bad sector tersebut akan bertambah luas dan akhirnya harddisk rusak total dan tidak bisa digunakan. Kemudian kerusakan akan merambat ke motherboard laptop. Untuk mencegah hal ini, usahakan untuk tidak menggoyangkan atau memindahkan laptop saat menyala. Lakukan proses defrag secara rutin untuk memantau kinerja harddisk.
Banyak orang yang memilih tidak memasang baterai saat menyalakan laptop. Mereka memilih untuk menyambungkan langsung laptop dengan arus listrik tanpa melalui baterai untuk menjaga keawetan baterai. Padahal cara ini tidak tepat. Baterai memang lebih awet namun Anda justru mengorbankan keselamatan motherboard laptop. Baterai memiliki alat untuk menyetabilkan arus listrik yang masuk dan keluar pada laptop. Tanpa baterai, arus tidak stabil akan langsung masuk ke laptop dan menyerang motherboard. Untuk mencegah hal ini, selalu gunakan baterai saat memakai laptop. Jika Anda tetap tidak ingin menggunakan baterai, gunakan stabilizer dan UPS untuk menyetabilkan arus listrik yang masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar